Pages

Sabtu, 03 Januari 2015

MENGENAL LINUX MANDRIVA

Linux Mandriva (sebelumnya dikenal dengan nama Mandrake Linux) dibuat pada tahun 1998 dengan tujuan bagaimana membuat Linux lebih mudah untuk digunakan semua orang. Pada waktu itu, linux sudah dikenal sebagai sistem operasi yang kuat dan stabil. Dengan inovasi ini, Mandriva menawarkan stabilitas dan kekuatan linux kepada pengguna individu dan profesional dalam ruang lingkup ―easy to use for user‖ yang menarik. Hal ini didasari dengan ribuan para pengguna baru yang selalu melihat linux sebagai alternatif lain pengganti sistem operasi mereka sebelumnya. Free/Open Source Free Software (FOSS) memberikan kebebasan untuk dapat mengembangkan dan mendistribusikan Linux Mandriva secara gratis. FOSS memberikan hak kepada semua orang untuk mengcopy, mendistribusikan, menguji, memodifikasi dan meningkatkan sistem Mandriva sepanjang hasil dari penelitian tersebut dikembalikan ke masyarakat. Model pengembangan seperti ini bertujuan agar dapat mengumpulkan gagasan yang terbaik dari pengembang dan para pemakai dari seluruh dunia untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari segi teknik dan solusi bagi Linux Mandriva di masa depan.

Kelebihan Linux Mandriva : Sebuah komputer yang menggunakan Linux Mandriva lebih familiar digunakan sama hal-nya ketika menggunakan Windows atau Mac OS. Powerpack Linux Mandriva berisi ribuan aplikasi berkualitas beserta Office Suite yang lengkap, dan tambahan bantuan instalasi yang lebih dengan biaya 10 kali lipat lebih murah dibandingkan dengan Microsoft Windows + MS Office tanpa pendukung teknis. Dengan adanya sistem manajemen software yang secara otomatis dapat menghindari konflik antar aplikasi, menjadikan Linux Mandriva lebih mudah dalam proses pemeliharaan. Sebagai tambahan, Mandriveupdate memberikan kebebasan bagi para pemakai unutuk melakukan update malalui internet secara gratis untuk mendapatkan sistem keamanan dan software yang terbaru. Linux Mandriva dapat dijalankan berbulan-bulan tanpa harus melakukan reboot. Pada versi i586 dari Linux Mandriva dioptimalkan untuk Pentium Class (dan processor lain yang cocok) untuk mendapatkan performa yang bagus pada hardware ini. Dalam jangka sepuluh tahun penyebaran linux, hanya sedikit virus yang dapat mengganggu kinerja Linux Mandriva. Dalam sistem, normal user tidak mendapatkan role akses lebih jika dibandingkan dengan root user (administrator) yang memilik akses penuh di dalam sistem. Arsitektur yang didukung : i586, ppc (unofficial port), x86_64 

Server yang digunakan :
• Web server (Apache dengan HTTP, PHP, Webdav, dll): Linux Mandriva dapat digunakan untuk mengoperasikan sebuah komputer yang memiliki web pages di dalamnya.
• Database Server (PostgreSQL, MySQL, IBM DB2, Oracle, dll)
• Linux Mandriva dapat digunakan komputer yang dirancang untuk terhubung dengan host database dan menghubungkannya dengan internet server.
• LDAP Server, menyediakan satu server LADP atau bermacam direktori database yang berbeda.
• FTP Server, digunakan untuk komputer yang menyediakan transfer file melalui protokol FTP.
• DNS Server, berfungsi untuk memberikan IP address secara otomatis kepada komputer yang terhubung dengan internet.
• NIS Server, menyediakan globaslisasi user account pada network yang telah ditentukan.
• File Server dengan Windows, linux Mandriva dapat melakukan pengiriman file dengan menggunakan aplikasi Samba dalam sebuah jaringan ke komputer lain yang menggunakan windows sebagai sistem operasi.
• Email Internet Server (SMTP, POP3, IMAP, dll), Linux Mandriva dapat digunakan di dalam

0 komentar:

Posting Komentar