Pages

Sabtu, 26 April 2014

MENYUSUN PERSONALIA

        Sumber daya utama suatu organisasi adalah manusia yang memiliki bakat,kreativitas,tenaga , imajinasi dan kemampuan memajukan organisasi.
Fungsi penyusunan personalia di masukkan dalam fungsi pengarahan , yaitu bagaimana mengerahkan manusia dalam mencapai suatu tujuan bersama,juga berhubungan erat dengan fungsi organisasi , yaitu wadah manusia di dalam mencapai suatu tujuan organisasi.

Proses penyusunan personalia terbagi menjadi 2 lingkungan, yaitu Eksternal dan Internal
A. Lingkungan Eksternal adalah semua factor di luar organisasi yang secara langtsung dan tidak mempengaruhi organisasi.
Proses penyusunannya terdiri atas :
1. Perencanaan sumber daya manusia
2. Penarikkan tenaga kerja
3. Penyeleksia tenaga kerja
4. Pengenalan dan orientasi organisasi
5. Latihan dan pengembangan karyawan
6. Penilaian pelaksanaan kerja karyawan
7. Pembenan balas jasa dan penghargaan
8. Perencanaan dan pengembangan karier

Perencanaan sumber daya manusia penyusunannya di mulai dengan :
1. penentuan tujuan dan rencana organisasi
2. penentuan spesifikasi jabatan (job specifications) jenis – jenis jabatan dan keterampilan yang di butuhkan
3. meramalkan jumlah karyawan yang di butuhkan di massa mendatang
4. persediaan karyawan untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Deskripsi jabatan (job description ) yaitu hasil pernyataan tertulis dari analisis jabatan yang terdiri atas tugas dan wewenang serta hubungan lini organisasi

Pengembangan sumber-sember penawaran personalia
Sumber penawaran intern:
1. penataran(upgrading) , yaitu dengan mendidik dan memberi latihan
2. pemindahan (transferring) yaitu dari posisi yang kurang di senangi ke posisi lain yang lebih memuaskan           kebutuhan
3. pengengkatan (promoting) yaitu pengangkatan ke jabatan yang lebih tinggi lagi

Sumber ekstern penawaran tenaga kerja dapat doi peroleh antara lain dari lamaran pribadi yang masuk , organisasi karyawan , kantor penempatan tenaga kerja, sekolah-sekolah, para pesaing , imigrasi dan migrasi.

I. Penarikkan dan seleksi karyawan
        Penarikan (recruitment) berkenaan dengan pencarian dan penarikkan tenaga kerja potensial dalam jumlah yang tepat dan dengan kemampuan untuk mengisi suatu jabatan tertentu yang akan di seleksi untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

Seleksi yaitu pemilihan tenaga kerja potensial untuk menduduki suatu jabatan tertentu dari lamaran yang masuk. Adapun langkah-langkah prosedur sleksi yang dapat di gunakan yaitu :
1. wawancara pendahuluan
2. pengumpulan data pribadi (biografis )
3. peengujian (testing )dan psikotes
4. wawancara yang lebih mendalam
5. pemeriksaan referensi-referensi prestasi
6. pemeriksaan kesehatan
7. keputusan pribadi
8. orientasi jabatan

II. Latihan dan pengembangan karyawan
       Tujuannya yaitu memperbaiki efektivitas kerja dalam mencapai hasil-hasil yang telah di tetapkan.latihan(training)untuk memperbaiki penguasaan keterampilan dan teknik pelaksanaan pekerjaan tertentu , terperinci dan rutin.pengembangan (development), meningkatkan kemampuan ,sikap dan sifat-sifat keperibadian serta penyesuaian diri dengan kemajuan teknologi.

Metode–metode latihan dan pengembangan :
1. metode on the job antara lain:
    a. coaching di mana antara memberi bimbingan dan pengarahan langsung kepada bawahan dalam                     pelaksanaan pekerjaan rutin mereka.
    b. Planned progressing yaitu pemindahan karyawan dalam saluran-saluran yang telah di tentukan melalui             tingkatan-tingkatan organisasi yang berbeda.
    c. Penugasan sementara dimana bawahan di tempatkan pada posisi
    d. Rotasi jabatan pemindahan karyawan melalui jabatan-janatan yang berbeda
    e. System penilaian prestasi formal

2. metode off the job antara lain yaitu :
    a. Program pengembangan eksekutif di mana para manajer berpartisipasi dalam program-program yang di         buka untuk umum melalui penggunaan analisis khusus, simulasi dan metode pengejaran lainnya.
    b. Latihan laboratorium di mana seseorang belajar menjadi lebih sensitive terhadap orang lain . lingkungan         dan sebagainya
    c. Pengfembangan organisasi menekankan pada perubahan , pertumbuhan dan pengembangan organisasi           secara menyeluruh.

III. Pemberian kompensasi kepada karyawan
       Kompensasi yaitu pemberian financial kepada karyawan atas pemberian jasanya kepada pekerjaan yang di laksanakan dan menjadi motivator untuk pelaksanaan pekerjaan di massa yang akan datang

Penentuan kompensasi :
1. kesediaan membayar sesuai dengan pengorbanan yang di berikan kepada organisasi atau perusahaan
2. kemampuan membayar yaitu tergantung pada pendapatan yang di terima oleh perusahaan yang tidak             terlepas dari produktivitas karyawan.
3. persyaratan pembayaran yaitu tergantung pada kondisi perusahaan ,peraturan pemerintah,serikat                   pekerja,kondisi permintaan dan penawaran tenaga kerja dan para pesaing.


http://imammagribi.wordpress.com/manajemen-umum/menyusun-personalia/

0 komentar:

Posting Komentar