Pages

Kamis, 21 Januari 2016

TUGAS ANALISIS KINERJA SISTEM

                                                                 TUGAS
                                             ANALISIS KINERJA SISTEM

                      ANALISIS E-GOVERNMENT KOTA/KABUPATEN PADA
                                              PROVINSI JAWA TENGAH

Disusun Oleh : 1. Bayu Aldyanto   ( 11112381 )
 2. Pahrudin   ( 15112620 )
 3. Rifan L. Hakim   ( 18111371 )
 4. Titis Sulistiawati ( 17112408 )
Kelas : 4KA10
Jurusan : Sistem Informasi
Fakultas : Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Mata Kuliah : Analisis Kinerja Sistem



                                               UNIVERSITAS GUNADARMA
                                                                     2016


   Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk 136 juta, pulau ini merupakan pulau berpenduduk terpadat di dunia dan merupakan salah satu wilayah berpenduduk terpadat di dunia. Banyak sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Jawa dahulu merupakan pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak sangat besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Dipulau jawa ini terdapat beberapa provinsi, salah satunya adalah Provinsi Jawa Tengah.
   Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.
Analisis e-government ini dilakukan terhadap dua website kota/kabupaten dari Provinsi Jawa Tengah serta ditambah dengan website provinsi Jawa Tengah itu sendiri yang menjadi objek analisa. Kedua website kota/kabupaten tersebut terdiri dari Kabupaten Magelang dan Kabupaten Jepara. Dalam menganalisa enam website tersebut, jangkauan (range) yang digunakan untuk penilaian berkisar antara 0-100 sesuai dengan indikator dari kategori masing-masing unit analisis sebagai berikut :

UNIT ANALISIS : INFORMASI MENU UTAMA DALAM WEBSITE
•           Kategori Potensi Daerah
•           Kategori Komoditas Utama
•           Kategori Kualitas SDM
UNIT ANALISIS : INFORMASI TAMBAHAN DALAM FASILITAS WEBSITE
•           Kategori Tahap I
•           Kategori Tahap II
•           Kategori Tahap III
UNIT ANALISIS : PENYEDIAAN HUBUNGAN
•           Kategori G2C (Government to Citizen)
•           Kategori G2B (Government to Business)
•           Kategori G2G (Government to Government) 
UNIT ANALISIS : AKSESIBILITAS
•           Kategori <10 detik, 10 – 30 detik dan >30 detik
UNIT ANALISIS : DESIGN
•           Kategori Animasi
•           Kategori Grafis
•           Kategori Teks Lengkap
UNIT ANALISIS : JUMLAH TINGKATAN INFORMASI
•           Kategori 1 Tingkat
•       Kategori 2 Tingkat
•           Kategori 3 Tingkat
•           Kategori 4 Tingkat


Berikut ini adalah table unit analisis e-government dan kategorisasi :



ANALISIS :
   Menurut panduan dari KOMINFO (2003) isi pada setiap situs website pemerintah daerah minimal mempunyai konten : Selayang pandang, Pemerintahan Daerah, Geograpi, Peta Wilayah dan Sumber daya, Peraturan/Kebijakan Daerah dan Buku Tamu.

1. Selayang Pandang
Dari table diatas berdasarkan data e-government yang ada antara Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Jepara, jika kita lihat berdasarkan unit analisisnya pada kelengkapan data selayang pandang, Kabupaten Magelang memiliki konten yang lebih lengkap dibandingkan Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Jepara. Bisa dilihat pada kategori analisis point motto dan arti lambang pada Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Jepara tidak ada sedangkan pada Kabupaten Magelang ada.
2. Pemerintahan Daerah
Berdasarkan unit analisis yang kedua yaitu pemerintahan daerah, Kabupaten Magelang juga lebih mendominasi dengan lengkapnya semua point yang dimiliki diunit analisis ini.
3. Geografi
Untuk unit analisis ini kembali Kabupaten Magelang lebih unggul dari Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Jepara dengan ditandai kelengkapan pada kategori analisis dipoint cuaca dan iklim yang tidak dimiliki oleh kedua wilayah tersebut.
4. Peta Wilayah dan Sumberdaya
Berdasarkan data diatas dapat dilihat bahwa untuk unit analisis ini ketiga wilayah memilki kelengkapan data yang sama, baik itu pada data peta wilayah maupun pada bentuk peta sumberdaya.
5. Peraturan/Kebijakan Daerah
Pada unit analisis ini juga ketiga wilayah yaitu Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Jepara memiliki kelengkapan data yang sama.
6. Buku Tamu
Dilihat dari tabel diatas untuk unit analisis yang terakhir ini kembali Kabupaten Magelang memiliki keunggulan dari kedua wilayah tersebut, dengan ditandai adanya kelengkapan data buku tamu yang dimiliki kabupaten Magelang.


KESIMPULAN :
    Kesimpulan hasil analisis dari Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Jepara berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan website pemerintahan Kabupaten Magelang memiliki data yang lebih lengkap dari Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Jepara. Hal ini dapat dibuktikan dengan kelengkapan data yang dimiliki oleh Kabupaten Magelang diunit analisis selayang pandang, pemerintahan daerah, geografi dan buku tamu. 
   Kemudian setelah dilakukan perhitungan ternyata website dari kabupaten Magelang juga yang memiliki nilai yang lebih unggul dibandingkan dengan kedua website lainnya, sehingga bisa dikatakan website Kabupaten Magelang menjadi yang terbaik dengan nilai 86,95%. Dapat dilihat dari ketiga data di bawah ini dengan jumlah perolehan :


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa website Kabupaten Magelang memiliki data yang lebih lengkap dibandingkan dengan website Jawa Tengah dan juga Kabupaten Jepara.

SARAN :
Diharapkan dilakukan perbaikan dari berbagai bidang untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintah sehingga terjadi hubungan yang baik antara, pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat umum.


0 komentar:

Posting Komentar