Pages

Minggu, 12 Oktober 2014

Bad Design

Sebuah website seharusnya dibangun dengan interface yang semenarik mungkin dan berisi content yang tidak begitu berat agar tidak menyebabkan loading yang lama. Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian pengunjung dan membuat orang yang mengunjungi menjadi nyaman. Sebuah website yang baik memiliki bebrapa ciri/karakteristik penting, antar lain :
1   1. Mempunyai fungsi dan tujuan yang jelas, untuk apa website tersebut dibuat dan apa yang ingin           dicapai.
2   2. Memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan identitas perusahaan.
3    3. Menampilkan informasi (content) yang relevan, dengan cara yang jelas dan mudah dimengerti.
4    4. Mudah untuk digunakan.
Tetapi ada beberapa website tidak terlalu memperhatikan interface tersebut, karena lebih mementingkan isi content.

Kali ini saya akan memberikan salah satu contoh website yang memiliki design kurang cukup bagus. Contohnya adalah website yg beralamatkan http://yvettesbridalformal.com/.


 
                                   http://yvettesbridalformal.com/

Gambar diatas  merupakan salah satu website yang desainnya kurang cukup bagus. Mengapa demikian ?
1. Ketika memasuki website tersebut, hal pertama yang dilihat adalah tampilannya. Tampilan     yang ada didalam website tersebut sangat membingungkan, terlebih lagi banyak gambar-gambar yang tidak penting atau tidak jelas gunanya untuk apa. Sehingga sulit untuk dipahami.
2. Tata letak link, gambar dan tulisannya tidak berarturan (acak-acakan), jadi terkesan  membingungkan bagi yang ingin melihatnya.
3.  Pada website ini terdapat banyak sekali gambar bergerak yang tidak tahu fungsinya untukapa.
4. Terlalu color full (warni-warni) sehingga tidak enak untuk dilihatnya, sehingga mata akan cepat lelah.
5. Pada halaman awal tidak dijelaskan tujuan dari website ini dibuat untuk apa. Untuk bisnis online atau hanya sekedar untuk memasang iklan.
6. Banyak pilihan menu yang tidak sesuai dengan web, dan banyak sekali menu-menu yang terhalang oleh gambar yang tidak jelas.
     
       Website yang bagus atau menarik itu biasanya enak dilihat, tidak ribet dan tidak terlalu bermain dengan warna. Jika melihat contoh web diatas, ada baiknya web tersebut memfokuskan pada satu tema. Dan untuk menarik para pembaca yang ingin melihatnya, website ini seharusnya tidak harus color full (warna-warni). Bahasa yang digunakan pun seharusnya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang, seperti bahasa inggris. Kemudian, dibagian awal seharusnya diberi tahu tujuan dari website ini untuk apa sehingga tidak memusingkan bagi yang ingin melihatnya.
Itu tadi penjelasan mengenai contoh desain web yang buruk atau bad design. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi yang membacanya. Artikel ini tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan, akan tetapi lebih kepada saran agar website tersebut bisa lebih baik lagi kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar