Pages

Sabtu, 28 Juni 2014

STRUKTUR PASAR

STRUKTUR PASAR

     Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak.
bentuk-bentuk pasar :

1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.

Ciri-ciri Pasar Pesaingan Sempurna :
a. Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
b. Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
c. Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar. Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk masuk dan keluar pasar.
d. Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.

2. Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.
Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.

3. Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan monopolistis dapat didefinisikan sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (Sukirno, 2003: 298)
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis ( Sukirno, 2003: 298) :
a. Terdapat banyak penjual.
b. Barang berbeda corak.
c. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga .
d. Mudah bagi suatu perusahaan untuk keluar masuk ke pasar.
e. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif.

4. Pasar oligopoli adalah adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
Ciri-ciri pasar oligopoli :
a. Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
b. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak. 
c. Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
d. Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja (konglomerasi).
Karena ada ketergantungan dalam perusahaan tersebut untuk saling menunjang. Contoh: bakrie group memiliki pertambangan, property, dan perusahaan telefon seluler (esia)
e. Produk yang dijual bisa bersifat sejenis, namun bisa berbeda mutunya.
Perusahaan mengeluarkan beberapa jenis sebagai pilihan yang berbeda atribut, mutu atau fiturnya. Hal ini adalah alat persaingan antara beberapa perusahaan yang mengeluarkan beberapa jenis produk yang sama, atau hamper sama di dalam pasar oligopoli





sumber : sukirno 2003 : 298
              wikipedia


0 komentar:

Posting Komentar