STRUKTUR PASAR
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem,
institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual
barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan
jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang. Kegiatan
ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan
pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar,
dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan,
tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada
persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak.
bentuk-bentuk pasar :
1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition)
adalah Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat
banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah
konsumen yang banyak.
Ciri-ciri Pasar Pesaingan Sempurna :
a. Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
b. Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis
(homogen).
c. Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar.
Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk masuk dan
keluar pasar.
d. Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang
sempurna.
2. Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu +
polein, menjual) adalah Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar
konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.
Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual
yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.
3. Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya
adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem, yaitu
persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung
unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan
sempurna. Pasar persaingan monopolistis dapat didefinisikan sebagai suatu pasar
di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak
(Sukirno, 2003: 298)
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis ( Sukirno,
2003: 298) :
a. Terdapat banyak penjual.
b. Barang berbeda corak.
c. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan
mempengaruhi harga .
d. Mudah bagi suatu perusahaan untuk keluar masuk ke
pasar.
e. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif.
4. Pasar oligopoli adalah adalah suatu bentuk
persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
wilayah area.
Ciri-ciri pasar oligopoli :
a. Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai
pasar.
b. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen
atau berbeda corak.
c. Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang
menguasai pasar.
d. Umumnya adalah penjual-penjual (perusahaan) besar
yang memiliki modal besar saja (konglomerasi).
Karena ada ketergantungan dalam perusahaan tersebut
untuk saling menunjang. Contoh: bakrie group memiliki pertambangan, property,
dan perusahaan telefon seluler (esia)
e. Produk yang dijual bisa bersifat sejenis, namun
bisa berbeda mutunya.
Perusahaan mengeluarkan beberapa jenis sebagai
pilihan yang berbeda atribut, mutu atau fiturnya. Hal ini adalah alat
persaingan antara beberapa perusahaan yang mengeluarkan beberapa jenis produk
yang sama, atau hamper sama di dalam pasar oligopoli
sumber : sukirno 2003 : 298
wikipedia